Waspada Cuaca Ekstrem Setelah Natal sampai Awal Januari 2024

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai ancaman cuaca ekstrem selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Berdasarkan informasi dari BMKG, untuk wilayah Indonesia bagian selatan, termasuk Jawa dan Sumatera (termasuk Bengkulu), setelah Natal hingga sampai setelah tahun baru, (awal Januari) diprediksi cuaca mulai ekstrem.

Potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat yang dapat disertai angin kencang. Oleh karena itu, Pemkot Bengkulu mengimbau seluruh masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan cuaca ekstrem.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu Will Hopi membenarkan terkait informasi potensi cuaca ekstrem yang telah disampaikan oleh BMKG. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat selalu waspada.

“Yang ingin berkunjung ke pantai agar lebih waspada. Jangan mandi di pantai panjang, kalau mau mandi di pantai jakat saja. Kemudian bagi nelayan juga harus ekstra hati-hati karena berdasarkan prediksi BMKG terdapat potensi gelombang tinggi di Samudera Hindia, Pasifik, dan Selat Sunda selamat libur Nataru. Ini kemungkinan terjadi setelah natal hingga tahun baru,” ujar Will.

Dikatakan Will, risiko cuaca ekstrem itu merupakan dinamika atmosfer akibat posisi Indonesia yang diapit dua benua dan dua samudera. Ia harap perusahaan pelayaran, angkutan penyeberangan, nelayan, dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan demi mencegah terjadinya kecelakaan laut.(BR1)