Wawali Optimis Kota Bengkulu Kembali Raih Penghargaan Swasti Saba Predikat Wistara

Wawali Optimis Kota Bengkulu Kembali Raih Penghargaan Swasti Saba Predikat Wistara

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi mempresentasikan langsung kondisi tatanan kota sehat di Kota Bengkulu kepada Kemendagri dan Kemenkes dalam rangka penilaian verifikasi lanjutan penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tingkat nasional tahun 2023 melalui zoom meeting dari ruangan monitoring center dinas kominfo Kota Bengkulu, Selasa (18/7/2023).

Menurut Dedy, setelah memaparkan semua tatanan yang menjadi indikator penilaian tim verifikator, Kota Bengkulu layak untuk mendapatkan kembali penghargaan Swasti Saba Predikat Wistara untuk ketiga kalinya.

Salah satu pertimbangannya, ucap Dedy bahwa IPM di Kota Bengkulu termasuk kategori sangat tinggi. Yang pertama faktor pendidikan masyarakat, faktor ekonomi masyarakat dan faktor kesehatan masyarakatnya. “IPM kita 80,9,” Jelas Dedy.

Didampingi kepala OPD terkait seperti Kepala Bappeda, Plt Kadis Dinkes, Kadis Diknas dan Kadis LH, Dedy menyampaikan juga tentang kondisi kota sehat swasti saba Kota Bengkulu. Dimana pada tahun 2013 Kota Bengkulu mendapat penghargaan Padapa, tahun 2015 dapat penghargaan WIwerda, tahun 2017 dan 2019 dapat penghargaan Wistara.

Wawali Optimis Kota Bengkulu Kembali Raih Penghargaan Swasti Saba Predikat Wistara

Dedy optimis Kota Bengkulu bisa kembali mendapatkan penghargaan Swasti Saba Predikat Wistara. “Penilaian kota sehat ini dilihat dari pariwisatanya seperti apa, kesehatannya, pasarnya bagaimana, keamanan, kebersihan lingkungan dan lainnya dinilai. Kita sudah sampaikan detil termasuk kelengkapan dokumennya,” ujar Dedy.

Pada kesempatan itu Plt kadis kesehatan Joni Haryadi Thabrani juga ikut memaparkan bahwa dalam membangun Kota Bengkulu menjadi kota sehat melibatkan seluruh warga Kota Bengkulu beserta pemerintah yang bekerja keras, kerja cerdas dan bekerja ikhlas.

Ia mengatakan, terkait tata kelola kota sehat ini walikota sudah mengeluarkan kebijakan melalui SK walikota nomor 128 tahun 2020 tentang pembentukan tim pembina forum kota sehat dan SK nomor 127 tahun 2020 tentang pembentukan forum kota sehat.(BR1)adv