Wujudkan Pelopor Moderasi Beragama, PMB LPPM UINFAS Bengkulu Gelar Orientasi Pelopor Angkatan I

UIN FAS Bengkulu,Beritarafflesia.Com – Pusat Moderasi Beragama LPPM Universitas Islam negeri Fatmawati Sukarno (UINFAS) Bengkulu melaksanakan kegiatan Orientasi Pelopor Angkatan I Penguatan Moderasi beragama dari tanggal 02-05 Agustus 2023 bertempat di Hotel Latansa Kota Bengkulu.

Kegiatan ini bertujuan untuk mencetak para Pelopor Moderasi Beragama angkatan I Pusat Moderasi beragama (PMB) LPPM UINFAS Bengkulu yang akan memberikan pemahaman tentang sikap moderat bagi diri sendiri dan lingkungan.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari dimulai dari hari Rabu (02/08/2023) dan di buka langsung oleh Rektor UINFAS Prof. Dr. H Zulkarnain, M.Pd sampai Sabtu, (5/08/2023) dan di tutup oleh Wakil Rektor 1 UINFAS Prof. Dr. KH Khairudin, M.Ag.

Kegiatan ini dilaksanakan di hotel Latansa Kota Bengkulu. Peserta Orientasi Pelopor angkatan I PMB ini diikuti oleh jajaran pimpinan, Dosen dan JFU dilingkungan kampus UINFAS Bengkulu.

Wakil rektor 1 Prof.Dr. Khairuddin, M.Ag mengatakan dalam sambutannya pada acara penutupan beliau sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini di samping dari posisi jabatan beliau sebagai wakil rektor I dalam kegitan ini khairudin juga sebagai peserta.

Menurut Khairudin materi yang di sampaikan oleh narasumber dan fasilitator sangatlah relevan dan bermanfaat untuk kehidupan sosial di saat ini, masih banyak hal hal yang belum kami ketahui kami dapatkan di kegiatan ini, beliau pun mengharapkan akan ada tindak lanjut dari kegiatan ini sampai pada kegiatan TOT PMB.

Ketua Pusat Moderasi Beragama Fatrica Syafri, M.Pd.I mengharapkan outcome dari kegiatan ini peserta memiliki sikap yang moderat dalam kehidupan sehat-hari sehingga tercipta suasana damai dan aman bagi kampus UIN FAS khususnya dan negara Indonesia umumnya. Fatrica juga mengatakan bahwa kegiatan ini akan dilanjutkan pada tahap Training of Trainer (TOT) Penguatan Moderasi Beragama (PMB) ditahun depan.

Adapun tindak lanjut dari kegiatan ini peserta mendapatkan tugas untuk merealisasi Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang telah ditulis dan disepakati secara kelompok dan fasilitator. Realisasi RTL akan dilaksanakan pada tinggal kebijakan tentang Moderasi Beragama di kampus UIN FAS Bengkulu sampai pada menginsersi pembelajaran Moderasi Beragama pada materi matakuliah.(BR1)adv