Lebong  

Hujan Deras Beserta Banjir Rendam Dua Desa di Kabupaten Lebong Bengkulu

Hujan Deras Beserta Banjir Rendam Dua Desa di Kabupaten Lebong Bengkulu.

Lebong, Beritarafflesia.com- Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu sepanjang Senin hingga Selasa pagi menyebabkan dua desa di Kecamatan Topos terendam banjir akibat meluapnya Sungai Ketahun di wilayah setempat.

Komandan Koramil 02 Lebong Selatan Kodim 0409/Rejang Lebong Letnan Satu (Lettu) TNI Efrizal saat dihubungi, Selasa, mengatakan banjir tersebut terjadi sekitar pukul 06.13 WIB. Air Sungai Ketahun naik setelah hujan turun semalam.

“Ada dua desa di Kecamatan Topos yang terdampak banjir pagi ini yaitu Desa Talang Donok dan Desa Teluk Dien. Sejauh ini belum ada laporan adanya korban jiwa,” kata Efrizal.

Dia menjelaskan, luapan Sungai Ketahun ini menyebabkan 50 unit rumah warga di Desa Talang Donok terendam, dan untuk Desa Teluk Dien ada dua rumah.

Sedangkan untuk areal pertanian, kata dia, setidaknya ada tujuh hektare sawah yang berisi tanaman padi ikut terendam, serta jenis tanaman lainnya.

“Saat ini airnya sudah mulai surut, warga dibantu petugas Babinsa, Bhabinkamtibmas dan perangkat desa tengah melakukan pembersihan lumpur akibat banjir,” terang Efrizal.

Sementara itu, untuk mengantisipasi adanya banjir susulan dirinya sudah turun ke lapangan guna menghimbau warga yang berdiam di sejumlah desa di bantaran Sungai Ketahun terutama di bagian hilir untuk waspada, karena biasanya sering terjadi setiap tahunnya.

“Sepanjang jalur Air Ketahun ini sampai ke Desa Embong Uram. Sepanjang jalur di Talang Leak, Ujung Tanjung ini yang rawan. Kalau kita berkaca beberapa tahun lalu, efek dari Air Ketahun ini yang kena di daerah Talang Leak, Ujung Tanjung dan Embong Uram,” ujar Efrizal.(BR1)