Kerja Sama Antara Dukcapil Dan Baznas Kota Bengkulu Ciptakan HD Bersalin

Kerja Sama Antara Dukcapil Dan Baznas Kota Bengkulu Ciptakan HD Bersalin

Bengkulu, Beritarafflesia.com – Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu bekerjasama dengan Baznas serta bidan terbaik terkait program HD Bersalin Pemkot Bengkulu, mereka mempunyai peran masing-masing. 

Dimana Dukcapil mempunyai tanggung jawab untuk meletakkan pondasi yang kokoh terkait dengan masalah kepemilikan dokumen seperti KK, Akte dan KIA. 

Ketua Baznas Kota Bengkulu, Abdurahman Alkaf mengatakan, HD bersalin ini adalah program pemkot Bengkulu yang bekerjasama dengan Baznas, serta dukcapil ikut dalam kepengurusan Kependudukan seperti akte kelahiran. 

Bagi masyarakat yang tidak mampu terkendala biaya untuk melahirkan normal di persilahkan menghubungi bidan setempat di kecamatan yang sudah ditunjuk, sejak pemeriksaan dini sampai melahirkan dan semua biaya itu ditanggung oleh baznas. Bukan hanya itu saja, tetapi juga diberikan semacam hadiah seperti souvenir, popok bayi dan lain sebagainya. 

“Kemudian waktu pulangnya langsung dikasih akte kelahiran, nah itulah kerjasamanya dengan dukcapil”, Ujar Abdurahman Alkaf saat berbincang di ruang kerjanya, Kamis (17/2/2022). 

Ketika melahirkan itu ada semacam kelainan, sehingga bidan tidak bisa menangani di kliniknya, maka dirujuk ke RS kota untuk penanganan lebih lanjut dan nantinya akan ditanggung oleh baznas juga. 

“Nah itulah paket HD Bersalin ini, termasuk Akte nya, ambulance, rumah sakit kota”, jelasnya.  adv

(BR2)