PJ Walikota Bengkulu Arif Gunandi: Pasar Panorama Tertata PAD Dalam Proyeksi Positif

PJ Walikota Bengkulu Arif Gunandi: Pasar Panorama Tertata PAD Dalam Proyeksi Positif.

Bengkulu, Beritarafflesia.com- Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, itulah yang dilakukan pemerintah Kota Bengkulu di bawah kepemimpinan Pj Walikota Arif Gunadi dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sisi retribusi parkir.

Khususnya retribusi parkir di kawasan Pasar Panorama, Arif menginstruksikan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk bersama-sama dan berkolaborasi menata pedagang di lokasi tersebut. Pasalnya, lahan parkir di pasar panorama banyak disewakan dan dijadikan lapak untuk pedagang berjualan.

PJ Walikota Bengkulu Arif Gunandi: Pasar Panorama Tertata PAD Dalam Proyeksi Positif.

Sekarang setelah dilakukan penataan, tidak ada lagi pedagang yang berjualan di luar atau di lahan parkir, terutama di sepanjang jalan belimbing pasar panorama. Lahan yang memang notabene lahan parkir sudah difungsikan sebagai mestinya dan para pedagang sudah mulai masuk ke dalam pasar.

Tentu saja penataan pasar panorama ini juga otomatis akan meningkatkan PAD dari sektor retribusi parkir.

Kepala UPTD pasar panorama, Jasya Arief membenarkan bahwa sekarang pedagang pasar panorama sudah mulai tertib dan pasar lebih rapi.

 

“Alhamdulillah, berawal dari adanya ketegasan Pj walikota untuk mengembalikan fungsi lahan parkir yang selama ini dimanfaatkan oleh para pedagang untuk berjualan, kini dikembalikan fungsi lahan tersebut menjadi fungsi semula yaitu tempat parkir kendaraan dan pasar sudah mulai tertata,” ujar Arief.

Diceritakannya pemerintah Kota Bengkulu melalui dinas Perindag melalui UPTD pasar, Bapenda dan didukung oleh pihak-pihak terkait seperti kepolisian, perhubungan, Satpol PP dan dinas lingkungan hidup berkolaborasi sesuai dengan tupoksi masing-masing untuk menata pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di lahan parkir di seputaran pasar

PJ Walikota Bengkulu Arif Gunandi: Pasar Panorama Tertata PAD Dalam Proyeksi Positif.

“Alhamdulillah dengan upaya tersebut dan komitmen koordinator parkir yang telah ditunjuk oleh Bapenda maka hal yang diinginkan oleh masyarakat Kota Bengkulu agar pasar panorama bersih dan rapi dapat terwujud. Hal ini bisa terwujud karena adanya dukungan penuh dari Bapak Pj Walikota Bengkulu,” kata Arief.

Saat ini, sambung Arief titik pasar yang sudah tertata rapi yakni Jalan Belimbing, Kedondong, Salak, dan Semangka. Hanya saja untuk kelanjutan penataan di Jalan Manggis dan ujung jalan Semangka dan ujung jalan Belimbing, sedang dipersiapkan proses penertibannya.

“Kemarin sudah dilakukan rapat persiapan yang dipimpin langsung oleh Asisten I Eko Agusrianto dan dihadiri oleh kepala Bappeda, Wakapolres, Kapolsek, Kapospol PP, Kodim, Disperindag, Dinas Perhubungan dan Dinas lingkungan hidup. Insyaallah dalam 23 hari kedepan penertiban dan penataan kembali dilaksanakan,” demikian Arief.(BR1)