Kepala Distankan Rejang Lebong  Pantau Panen Jagung di Pungguk Lalang

Kepala Distankan Rejang Lebong  Pantau Panen Jagung di Pungguk Lalang

Rejang Lebong,Beritarafflesia.Com-Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong, Ir. Amrul Eby, MSi memantau panen jagung hibrida di Desa Pungguk Lalang, Curup Selatan, pukul 10.30 WIB, Senin, (22/4/2024).

Kebun jagung dengan varietas Sri Rezeki yang dipanen itu merupakan kebun percontohan atau demplot yang dikelola Kelompok Wanita Tani (KWT) Maju Sejahtera.

‘’Kebun jagung kita panen hari ini merupakan demplot KWT Maju Sejahtera yang luasnya 0,25 hektar. Sedangkan total lahan kebun yang digarap 17 petani anggota KWT itu mencapai 1 hektar,’’ jelas Amrul Eby kepada media center.

Dikatakan, benih jagung yang ditanam anggota KWT ini dibantu dari Distankan. Termasuk pupuk urea dan ponska.

‘’Total kelompok tani binaan Distankan mencapai 1.300 kelompok tersebar di 15 kecamatan. Kelompok tani termasuk KWT merupakan petani berbagai komoditas. Mulai dari padi, jagung dan hortikultura. Termasuk kelompok petani pekebun,’’ ujarnya.

Sementara Ketua KWT Maju Sejahtera, Isawati menjelaskan, total anggota KWT yang aktif sebanyak 17 orang.

‘’Hasil panen hari ini, Senin, (22/4) masih kita kupas. Jadi kita belum tahu berapa banyak jagungnya. Saat ini harga jagung kering panen dengan tongkol Rp2.200 per kg. Sedangkan jagung pipil kering Rp4.000 per kg,’’ ujar Isawati.(BR1)